Senin, 07 Desember 2020

Pelaksanaan Kegiatan PKN-IPC sebagai Relawan Covid-19 Poltekkes Semarang

Praktek Kerja Nyata Inter Profesional Collaboration (PKN IPC) di Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang dilaksanakan pada tahun 2020 sebagai proses pembelajaran di lapangan bagi mahasiswa dalam mengkolaborasikan berbagai disiplin ilmu dan sekaligus sebagai wahana pemberdayaan kesehatan keluarga.

Pelaksanaan Program ini sebagai bentu pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di lingkungan tempat tinggal masing-masing guna meningkatkan peranan masyarakat dalam pemutusan mata rantai penularan virus corona dan pada permasalahan kesehatan lain seperti kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, dibentuklah suatu kegiatan yang mengikut sertaka peran masyarakat dengan tujuan untuk kepentingan bersama, dalam hal ini dibentuklah UKBM yang terdiri dari peranan mahasiswa, kelompok PKK serta kelompok siswa kelas V dengan dukungan penuh oleh pihak desa. 

 



Dilakukannya kegiatan ini adalah guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat serta mewujudkan masyarakat yang mandiri, tanggung jawab dan peduli terhadap keadaan atau kondisi kesehatan individu, kelompok dan lingkungan sekitar melalui kegiatan UKBM pada PKN-IPC 2020 yang diawali dengan Advokasi kegiatan UKBM dengan kepala desa dan koordinator kader.

Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah edukasi pencegahan Covid-19, cara menjaga kesehatan gigi dan PHBS di masa pandemi dengan sasaran Ibu PKK dan anak usia sekolah dasar sekitar yang dilakukan dengan penyuluhan, pemasangan flyer, poster dan stiker pada rumah dan tempat umum serta pembuatan fasilitas cuci tangan di tempat umum seperti pos kampling, masjid dan balai desa, serta pembagian sabun cair.





Adapun sumber dana dari kegiatan ini didapat dari subsidi kampus Poltekkes Semarang dan iuran tidak terikat dari Ibu PKK.

Pelaksanaan dan kegiatan ini berjalan lancar dengan antusias tinggi dari masyarakat dan mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat untuk pelaksana da Poltekkes Semarang yang telah membantu mengedukasi masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Survei Mawas Diri (SMD) dan Musyawaran Masyarakat Desa (MMD) pada Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat

Dalam pelaksanaan kegiatan UKBM, perlu dilakukan Survei Mawas Diri atau SMD pada masyarakat desa sebagai upaya panitia pelaksana kegatan dal...